Friday 25 January 2013

Penanganan luka yang dapat dilakukan sendiri di rumah


Setiap orang punya kemungkinan mengalami luka, baik itu luka kecil, sedang atau bahkan luka yang cukup parah, jika kondisi luka yang dialami tidak begitu parah dan masih memungkinkan untuk dirawat sendiri di rumah kita harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk merawatnya, sebab sekalipun luka yang dialami tidak begitu parah namun cara penanganan yang anda lakukan salah maka kemungkinan dapat memperparah kondisinya. Maka dari itu kali ini akan dibahas mengenai luka iris dan luka serut yang kondisinya tidak begitu membahayakan serta bagaimana cara perawatannya sendiri di rumah.

Luka iris adalah luka yang disebabkan oleh benda tajam dengan pinggir2 luka yang rapi, sedangkan Luka serut (gesek/abrasi) adalah suatu cedera pada permukaan kulit yang disebabkan oleh permukaan kasar yang bergesekan dengan kulit. Adapun gejala2 yang ditimbulkan yakni; sobekan pada kulit yang mugkin membuat cedera jaringan kulit di bawahnya, terjadi perdarahan yang sedikit sampai sedang yang akan berhenti sendiri, serta timbul rasa sakit/nyeri.
Komplikasi kemungkinan dapat terjadi jika luka terbuka, perdarahan banyak (bila mengenai pembuluh darah besar), infeksi bakteri (demam, radang, pembentukan nanah).

Hal yang dapat dilakukan:

Luka iris:
ü  Cuci luka di air mengalir (di bawah kran) dan keringkan dengan tisu bersih.
ü  Bersihkan kotoran atau partikel lain pada luka dengan menggunakan pengait yang bersih (pengait terlebih dahulu dicuci dengan sabun atau dilewatkan di atas api kecil dan biarkan dingin sebelum digunakan).
ü  Hentikan perdarahan dengan cara menekan bagian atas luka dengan kasa, tahan selama beberapa menit.
ü  Oleskan cairan antiseptic.
ü  Bila luka kecil, biarkan terbuka supaya cepat pulih. Bila luka besar, balut dengan kasa.
ü  Pembekuan darah yang terbentuk (permukaan luka yang mengering) jangan dibersihkan karena akan menyebabkan perdarahan kembali.
ü  Periksakan ke dokter bila terjadi komplikasi. Segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat bila terjadi perdarahan hebat (darah memancar dari luka, perdarahan tidak berhenti dengan tekanan, atau sudah kehilangan sekitar 1-2 cangkir darah).
ü  Selalu utamakan kebersihan dalam merawat luka, cuci tangan sebelum dan sesudah merawat luka.

Luka memar:
ü  Dengan mendinginkan luka memar selain dapat memperlambat perdarahan di bawah kulit, juga dapat mengurangi nyeri dan pembengkakan.
ü     Memar pada lengan atau kaki bisa didinginkan dengan meletakkannya di bawah kran air.
ü    Memar pada kepala dan dada atau daerah lain dapat didinginkan dengan memberikan kompres dingin/es.

     Cara membuat kompres es:
ü  Isi setengah dari kantong plastik dengan es. Tambahkan garam untuk meningkatkan efek dingin dan ikat kantong plastik setelah mengeluarkan udara dari kantong terlebih dahulu.
ü  Bungkus kantong dengan handuk tipis dan letakkan di atas bagian yang memar selama ± 30 menit.
ü  Bila tidak tersedia es, bisa digunakan lipatan handuk atau kain katun tebal yang dicelupkan ke dalam air dingin untuk dijadikan kompres.
ü  Luka memar biasanya sembuh setelah 3-6 hari.

No comments:

Post a Comment