Tuesday 22 January 2013

Cara tepat menangani rambut rusak/rontok


Menangani RAMBUT RUSAK/RONTOK secara EFEKTIF

Dengan BAHAN2 ALAMI


Berikut ini beberapa tips menangani rambut rontok dengan menggunakan bahan2 alami yang tentunya lebih aman, praktis, dan efektif untuk anda coba di rumah. Namun, sebelum melakukan treatmen pada rambut, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis rambut dan kulit kepala anda agar tidak salah memilih jenis perawatannya.
Gejala kerusakan rambut, antara lain rambut mudah rontok, kering, kasar, kusam, dan tidak elastis (kaku).perawatan rambut rontok tidak cukup hanya dengan penggunaan shampoo saja, karena kebanyakan shampo yang beredar di pasaran cenderung lebih banyak menekankan aspek kosmetik (shampoo 2 in 1), yang biasanya dicampur dengan conditioner. Hasilnya, rambut memang halus dan lembut , tapi shampo yang dicampur dengan conditioner ini dapat  menyebabkan bahan2-nya menutup kulit kepala, sehingga justru malah memperburuk kondisi rambut rontok anda. karena itu anda sebaiknya lebih teliti dalam memilih shampo ataupun produk lainnya,karena diperlukan penanganan ekstra agar kerusakan tidak semakin parah.
Dengan memilih bahan alami untuk penanganan rambut rontok, selain aman tanpa efek samping yang berbahaya, tentunya juga lebih hemat dan praktis. Berikut beberapa bahan alam yang dapat digunakan:

ü  Yoghurt. Penggunaan yoghurt secara rutin akan mencegah rambut cepat beruban. Caranya, gunakan yoghurt sebagai masker rambut dengan teratur setiap dua minggu sekali. Dan hasilnya, rambut akan semakin bercahaya. 

ü  Teh. Teh hijau (green tea) mengandung anti oksidan yang bermanfaat melindungi rambut dari paparan polusi. Teh melati, bermanfaat untuk meningkatkan kilau rambut. Teh mint, bermanfaat untuk menyejukkan kulit kepala serta menghilangkan lemak dan ketombe serta mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Caranya, cukup dengan menyeduh teh dengan menggunakan air panas, lalu diamkan selama satu malam. Air teh yang sudah basi tersebut digosok2-an ke kulit kepala. Lakukan sesaat sebelum keramas.
ü  Alpukat. Untuk rambut kering, karena alpukat kaya akan asam lemak dan nutrisi. Caranya, hancurkan alpukat di dalam mangkuk dan aduk sampai menjadi pasta kental. Kemudian, usapkan pada rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo, bilas hingga bersih.
ü  Kemiri. Kemiri dapat memperbaiki dan memperkuat rambut. Kandungan minyak pada kemiri sangat baik bagi akar rambut. Caranya, kemiri ditumbuk kasar, lalu disangrai. Setelah itu, tumbuk halus sampai keluar minyak. Gunakan minyak yang diperoleh tersebut untuk creambath, lakukan sebelum keramas.
ü  Bawang merah. Berkhasiat untuk mencegah rambut rontok. Caranya, cukup dengan makan bawang merah tersebut, atau makan bawang merah yang telah jadi acar. Tetapi jika kita tidak kuat makan bawang merah karena baunya, hal ini bisa dihindari dengan mengolesi kulit kepala dengan air perasan bawang merah pada malam hari. Kemudian pada pagi hari, bilas rambut dengan menggunakan shampo.
ü  Cuka apel. Kandungan alpha-hidroxy acids mampu membantu membersihkan residu dari polusi dan kotoran sehingga rambut menjadi lembut dan bersinar. Caranya, campur setengah cangkir cuka apel dengan seperempat cangkir air . gunakanlah campuran tersebut untuk membilas rambut pada saat keramas.
ü  Telur. Digunakan sebagai conditioner rambut. Kandungan proteinnya yang tinggi membantu menambah kilau rambut. Tetapi bau amis telur terkadang membuat banyak orang enggan untuk menggunakannya. Ada cara untuk menghilangkan bau amis pada telur, yaitu menggunakan perasan jeruk lemon ke dalam telur yang sudah dikocok. Kemudian dioleskan ke rambut sebagai masker.
ü  Minyak kelapa. Kandungan antioksidan mampu melembutkan rambut yang kering dan kutikula yang rusak sehingga rambut menjadi bersinar. Caranya, hangatkan tiga sendok makan minyak kelapa kemudian oleskan pada rambut mulai dari akar hingga ujung rambut. Kemudian bungkus rambut dengan menggunakan handuk panas selama 30 menit. Lalu keramas dengan shampoo dan bilas rambut dengan air bersih.

Begitu banyak khasiat bahan alam yang ada di sekitar kita, yang lebih aman tanpa efek samping yang berlebih, dan yang paling penting bisa menghemat uang belanja. Pilih cara yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala anda.mengatasi rambut rontok secara alami seharusnya jadi pilihan yang aman untuk kita. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment