Saturday 19 January 2013

Beragam manfaat dari buah apel.



Tips Sehat

 APEL

AN APPLE A DAY, KEEPS THE DOCTOR AWAY pernah dengar ungkapan itu nggak ? di Eropa dan Amerika kalimat ini bukan cuma populer saja, tapi juga banyak pengikutnya.
Apel memang buah kaya khasiat yang enggak Cuma bermanfaat untuk bikin kita sehat dan “jauh”dari dokter, tapi juga bisa bikin kulit makin halus dan bodi makin langsing !
Apel, buah yang terasa segar di mulut ini memang punya banyak khasiat. Bagi kesehatan tubuh, apel punya khasiat yang nyata dalam:
*      Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
*      Menurunkan tekanan darah
*      Menstabilkan gula darah
*      Meningkatkan HDL alias kolesterol baik
*      Membunuh virus infeksi (jadi kalau flu kamu tinggal makan apel sebanyak-banyaknya biar virus-virus pada ngungsi)
*      Mengurangi nafsu makan (kabar bagus tuh buat kamu yang lagi diet!)
*      Memperlancar pencernaan biar tubuh makin langsing dan fit
*      Mempertahankan kesehatan saraf
*      Anti kanker
*      Menjaga kesehatan jantung
Wuih... banyak banget kan manfaatnya ? khasiat apel yang begitu banyak memang terkait erat dengan zat-zat gizi maupun non gizi yang terkandung di dalamnya. Kandungan gizi yang terdapat dalam satu cangkir jus apel adalah sbb: 15 mg Kalsium, 22 mg Fosfor, 15 mg Zat besi, 15 mg Natrium, 250 mg Kalium, sedikit vitamin B kompleks, 2 mg vitamin C dan 20 I.U vitamin A. kalau dibandingkan dengan jeruk, apel yang punya nama latin Solanum lycopersicum ini ternyata mengandung vitamin A yang 50 % lebih banyak. Vitamin ini berfungsi untuk menyembuhkan influenza dan infeksi lainnya. Khasiat lain dari vitamin ini adalah untuk menjaga mata biar selalu dalam kondisi baik dan mencegah kebutaan
TIPS SEHAT:
Kalau kamu sering sebal karena kulitmu kelihatan kayak ladang minyak, apel bisa jadi senjata ampuh buat mengatasinya. Soalnya, apel mengandung zat yang dapat menetralisir minyak yang berlebih di wajah. Caranya, coba deh kamu parut sebuah apel, setelah itu hasil parutannya di oleskan pada wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Lakukan ritual ini setiap malam sebelum tidur. Dijamin deh kulitmu bakal kelihatan bersih dan enggak berminyak lagi.


KANDUNGAN VITAMIN YANG MULTIFUNGSI
Apel mempunyai kandungan vitamin C dan B yang penting banget untuk mempertahankan kesehatan saraf. Vitamin C penting untuk regenerasi sel tubuh dan mencegah sariawan . zat besi (Fe) dalam buah apel , walau kandungannya nggak tinggi tapi tetap efektif untuk membantu penyerapan Fe dari makanan lain seperti telur dan hati.begitu juga kalsium dalam apel , bisa membantu sistem pencernaan untuk menyerap kalsium dari makanan lain, kayak susu ataupun keju. Disampin zat-zat gizi tersebut di atas, rahasia apel sebagai pencegahan penyakit terletak pada kandungan karoten dan pektinnya yang merupakan serat larut dalam air. Pektin merupakan salah satu jenis serat kasar yang mempunyai beberapa keuntungan, karena dengan bentuknya yang menyerupai jeli , pektin bisa memperbaiki otot pencernaan dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan. Kalau dikombinasikan dengan serat alami lainnya (misalnya dari bayam atau seledri) dan garam, pektin akan membentuk campuran laksatif  (pencuci perut) yang dapat membantu melepaskan kotoran yang sudah lama ada di usus besar. Pektin juga dapat menyerap kelebihan air dalam usus dan memperlunak feses serta mengikat dan kemudian membuang racun dalam usus. Jadi nggak ada lagi dech yang namanya sembelit.
MENGANDUNG ZAT ANTI KANKER
Apel juga mengandung sejumlah senyawa yang berfungsi sebagai anti kanker. Beberapa penelitian menemukan kalau senyawa-senyawa tersebut meliputi ellagic, asam caffeic, klorogenik dalam jumlah 100-130 mg/100 g apel, yang terutama terdapat pada apel segar. Buah apel yang mempunyai indeks glikemik (indeks pengukuran kecepatan peningkatan gula darah) yang rendah banget. Ini berarti walaupun kita makan apel sebanyak mungkin nggak akan membuat gula darah naik, baik buat orang yang punya penyakit diabetes atau orang yang sedang diet. Apel berfungsi mengontrol produksi insulin, sehingga nggak diproduksi berlebihan. Inilah kenapa apel bisa mengurangi nafsu makan, karena bisa mengontrol kadar gula darah kita biar kita nggak cepat lapar. Kalau kita makan apel secara teratur, keseimbangan gula darah kita bisa tetap terjaga, sekligus menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah!
Sudah selesai? Belum! Apel ternyata punya manfaat yang gede banget dalam membantu penyembuhan radang sendi. Tapi kalau kita punya radang sendi dan pingin sembuh, caranya bukan makan apel segar, melainkan minum cuka sari buah apel (sering disebut apple cider). Minuman bening yang rasanya enak ini terbuat dari jus apel yang diragikan. Cuka sari apel ini bisa mengurangi endapan kristal asam yang ada di sekitar tulang sendi.
Satu lagi tips buat kita semua, jangan kupas kulit buah apel karena disinilah sumber paling banyak terkandung pektin. Eit, tapi jangan lupa mencuci bersih-bersih kulitnya ya sebelum dimakan, karena siapa tahu masih ada pestisida dan kotoran yang menempel. Selamat menikmati buah apelnya J

No comments:

Post a Comment