Sunday 20 January 2013

Khusus cewek biar "Aman"


TIPS AMAN TRAVELLING  

Buat Cewek

Libur telah tiba, Hore Horeee... !!! buat para cewek yang punya rencana untuk bepergian seorang diri, tanpa kawalan teman/saudara cowok, maka faktor keamanan menjadi prioritas utama dalam daftar hal yang harus diperhatikan. Sebenarnya ada beberapa benda yang bisa kamu kurangi dan bahkan menjadi “penyelamat”-mu selama perjalanan.
Pilih barang2 yang diperlukan saja. Buat daftar barang penting apa saja yang perlu dibawa. Berapa hari kamu akan bepergian, akan menjadi patokan berapa banyak baju yang perlu kamu bawa. Gampangnya, bawa baju yang bisa dipakai dalam berbagai suasana, misalnya jeans, atasan semi formal, dan sepatu yang nyaman dipakai. Pilih pakaian yang dapat menyerap keringat dan mudah kering. Artinya hindari pakaian yang pas badan.
Hindari menggunakan pakaian yang “mengundang”. Jangan coba2 menunjukkan lekuk tubuhmu. Ingat, kamu bepergian tanpa seseorang yang akan bertanggung jawab atas dirimu.
Bawa uang secukupnya, tinggalkan kartu2 berharga di rumah. Bawa paling banyak dua macam kartu saja. Simpan di tempat yang aman, jangan letakkan semuanya di satu dompet.
Jangan menyimpan semua uangmu dalam satu dompet, hal ini untuk menghindari serangan pencopet. Buat kopian dari surat2 penting seperti KTP, dan lainnya, simpan dalam koper. Berikut ini ada tips lucu namun terbukti membantu di saat kritis. Kenakan bra dengan busa yang bisa dilepas, buka pad yang ada di dalamnya dan ganti busa bramu dengan sejumlah uang dan kopian surat2 penting. Memang agak merepotkan, dan akan terlihat jika kamu memakai baju yang ketat, karena itu hindari baju yang terlalu ketat !.
Simpan satu stel pakaianmu dalam koper teman seperjalananmu, begitu juga sebaliknya, hal ini untuk berjaga2 kalau2 kopermu tertukar ataupun hilang di jalan. Jadi, jika koper kamu hilang masih punya cadangan pakaian.
Hindari penggunaan perhiasan berlebihan. Soalnya selain bahaya perampokan, ada juga kemungkinan perhiasanmu hilang atau jatuh, apalagi kalau kondisi tempat wisata yang akan dituju menyulitkan, misalnya gunung atau laut.
Jangan berbicara dengan orang yang tidak dikenal. Bicaralah seperlunya saja, jangan memberikan sinyal seolah kamu tertarik lebih lama berbicara dengannya.
Hindari kontak mata dengan orang asing, dan tolak semua makanan dan/atau minuman yang ditawarkan. Jangan menyendiri di satu sudut disaat menunggu angkutan yang akan membawa kamu ke tempat tujuan. Bergabunglah dengan banyak orang agar kamu tidak diincar orang jahat. Meski demikian, hati2 dengan serangan pencopet !, ajak seorang atau lebih jika kamu akan melakukan perjalanan yang lumayan jauh.
Peta, peta dan peta, terutama jika kamu bepergian ke tempat yang belum dikenal. Kalau terpaksa harus bertanya, pastikan kamu bertanya pada orang yang tahu, misalnya kepada polisi atau resepsionis hotel.
Sekali lagi, cek kelengkapan barang2mu. Jangan lupa cek tempat dimana kamu akan menginap, apakah benar kamarmu sudah tersedia. Cek pula jadwal keberangkatanmu, jangan sampai kamu tertinggal.
Moga infonya bermanfaat, selamat berlibur! J

No comments:

Post a Comment