Sunday 20 January 2013

Ruang Belajar yang teratur


RUANG BELAJAR YANG TERATUR

=  KEBERHASILAN

Kalau tempat belajar berantakan, pasti kamu enggak bisa nyaman belajar kan? Coba cek apakah ruang belajar kamu sudah mendukung kamu untuk belajar? Kalau belum, aku kasih beberapa poin yang harus diperhatikan biar kamu bisa memperbaiki kualitas belajar kamu.
1.      Cahaya
Pastikan ruang belajar kamu mendapat penyinaran yang cukup. Gimana kamu bisa menghafal pelajaran kalau nggak bisa melihat dengan jelas apa yang harus dihafal? Buka horden jendela atau nyalakan lampu meja, biar nggak ada yang menghalangi pandangan kamu.
2.      Aroma terapi
Bau ruangan juga mempengaruhi intensitas kerja. Untuk menciptakan ruang belajar yang harum dan nyaman, pasanglah lilin beraroma pepermint, jeruk, atau lemon. Aroma ini bisa bikin kamu bergairah dan tetap siaga saat belajar.selain itu, kita juga membutuhkan udara segar, so jangan lupa untuk membuka jendela di pagi hari, biar selalu ada pertukaran udara dalam kamar kamu.
3.      Cemilan sehat
Ngemil saat belajar baik untuk menghimpun energi biar otak kamu tetap terjaga. Tapi hindari makanan seperti coklat, chips, dan minuman soda, soalnya makanan seperti itu bisa bikin kamu malas. Sebaiknya, pilihlah cemilan sehat, seperti kacang-kacangan/gandum, atau buah-buahan, so kamu mendapat energi yang bertahan lama.
4.      Air putih
Memang sepertinya belajar bukan aktivitas berlebihan yang menguras tenaga, tapi kalau kamu dehidrasi, kamu akan sulit berkonsentrasi. So jangan lupa ya minum air putih minimal 8 gelas sehari. Biar saat belajar kamu nggak harus bolak-balik keluar kamar untuk mengisi gelas, sebaiknya isilah air ke dalam teko dan letakkan dalam kamar. Jadi waktu merasa haus saat sedang belajar, kamu bisa langsung minum.
5.      Musik
Ada orang yang bisa berkonsentrasi kalau belajar diiringi musik, tapi ada juga yang suka suasana hening. Tapi kalau kamu tipe orang yang belajar dengan musik, pilih musik yang tepat. Musik hanya sebagai pengiring belajar, so jangan buat perhatian kamu beralih ke lagu yang kamu dengarkan. Sebaiknya sih jangan pilih musik dance, dan pasang musik dengan volume kecil.
6.      Meja belajar
Meja belajar yang berantakan, bisa menurunkan semangat belajar. Kamu akan dibingungkan dengan barang-barang yang berantakan di meja, hingga kamu nggak fokus lagi belajar. Pastikan kalau space kamu belajar di meja tuh cukup. Tempatkan kertas-kertas atau catatan kecil pada satu kotak khusus, atau tumpuk buku kamu dan letakkan di lantai agar tidak memakan tempat di meja belajar.
7.      Pakaian yang nyaman
Saat belajar kenakan pakaian yang bikin kamu nyaman. Tapi jangan pakai piyama ya, nanti kamu bisa tertidur saat belajar, soalnya baju tidur itu dipersiapkan untuk tidur bukannya belajar.
8.      Jadwal
Letakkan jadwal belajar di tempat yang bisa langsung ditangkap pandangan kamu, so kamu akan selalu ingat sama jadwal yang sudah kamu rencanakan . dengan begitu, kamu belajar sesuai dengan waktu dalam jadwal tersebut, dan memiliki konsentrasi yang sama untuk semua mata pelajaran.
9.      Kursi
Saat belajar, kamu juga harus didukung dengan kursi yang nyaman, karena aktivitas belajar lebih banyak dilakukan sambil duduk. Jangan menyepelekan pendukung belajar yang satu ini, supaya kamu terhindar dari sakit punggung dan postur tulang belakang yang berubah. Kursi yang terlalu nyaman juga kurang baik, karena bisa bikin kamu ngantuk.
10.  Jam
Letakkan jam di atas meja belajar, jadi kamu terus diingatkan berapa lama kamu sudah belajar. Jam ini juga bisa mengingatkan kamu untuk kembali belajar saat waktu istirahat telah usai. Jam juga bisa kamu manfaatkan untuk mencapai gol kamu, misalnya: 1 jam kedepan, kamu mau membahas soal-soal matematika, atau 2 jam lagi kamu bakal baca buku sejarah.
11.  Alat-alat tulis
Buku, kertas, pulpen, stabilo harus kamu sediakan saat belajar. So kalau kamu pengen menggaris bawahi bagian-bagian yang penting, langsung ambil saja pulpen atau stabilo. Atau saat punya ide, kamu bisa langsung menuangkannya dalam buku atau kertas yang sudah ada di meja kamu.
Nah kalau semuanya sudah komplit pasti semangat blajarmu juga jadi makin bertambah, oh iya satu lagi hal penting yang nggak boleh ketinggalan, yaitu selalu berdo’a sebelum belajar, karena segala sesuatu yang dimulai dengan membaca do’a (basmalah) pastinya akan mendatangkan berkah... so, slamat belajar J

No comments:

Post a Comment