Friday 18 January 2013

Obat galau paling ampuh 2013


LAGI GALAU ?

OBATI DENGAN  MAKANAN

Buat kamu yang lagi bete gara-gara enggak lulus ujian, barusan putus sama pacar, atau dicuekin sama teman, wah pasti bawaannya bete banget dan pengen marah melulu. Enknya diapain yah biar semua masalah yang menumpuk di kepalamu bisa hilang ? gampang, obati aja dengan makanan!.
KALAU KAMU GELISAH ATAU TERTEKAN: cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serotonin (hormon penenang). Zat ini bisa kamu temukan pada tortilla chip (sejenis keripik kentang yang bisa kamu temukan pada makanan meksiko). Hindari makanan kecil yang manis, cookies, atau gorengan, karena justru bakal bikin perasaanmu makin tertekan. Kenapa begitu? Karena makanan jenis itu akan meningkatkan fantasimu yang bisa bikin kamu makin gelisah.
KALAU KAMU SULIT BERKONSENTRASI DAN GAMPANG LUPA: makanlah seafood, ikan salmon, atau tuna panggang, pokoknya aneka hasil laut. Pasalnya, kandungan asam lemak dan omega 3 yang terdapat pada ikan dan seafood lainnya mampu membersihkan otak dari racun dan radikal bebas. Tapi ingat ya, kamu harus menjauhi burger, pizza, dan makanan lainnya yang berlemak, karena kadar makanan berlemak hanya akan meningkatkan kadar gula darah dan serotonin penyebab hilangnya konsentrasimu. Jadi buat kamu-kamu yang mau ujian, ada baiknya mengkonsumsi makanan hasil laut.
KALAU KAMU MERASA GAGAL ATAU PUTUS ASA: segera jauhi permen manis dan minuman bersoda. Ambillah segenggam camilan berupa kacang-kacangan. Terbukti, makanan jenis kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan kadar hormon dopamin yang bisa menstabilkan gula darahmu dan membuang rasa enggak bergairah itu.

Trik Aman Konsumsi Snack

Keripik kentang, french fries, coklat... wow, siapa sih yang enggak doyan? Bisa jadi hampir setiap hari kita mengkonsumsi snack semacam itu. Tapi enggak bisa dipungkiri pula bahwa snack masih identik sebagai makanan penyebab kegemukan dan gangguan penyakit lainnya. Hal ini disebabkan karena kandungan sejumlah bahan di dalam snack. Tengok saja kandungan gulanya, jumlah kalori dan lemaknya, yang kadangkala luput dari perhatian kita. Nah biar aman, ikuti trik aman ngemil snack berikut ini:
*      Ngemil diantara waktu makan bisa menambah berat badanmu, soalnya porsi makanmu bisa jadi nambah lebih banyak dari biasanya. Solusinya, kurangi porsi makan utama, baru kamu boleh ngemil ! Tapi jangan lupa, dengan ngemil artinya kamu harus melakukan aktivitas ekstra untuk membakar kalori yang masuk. Misalnya nih, kalau kamu menghabiskan sebungkus potato chips, kamu harus mengiringinya dengan olahraga ringan.
*      Pilih camilan yang berlabel low fat. Atau pilih yang sedikit mengandung garam atau gula. Jenis potato chips atau snack yang bercitarasa gurih memiliki kandungan garam dan MSG (monosodium glutamate) yang tinggi. Kalau dikonsumsi secara berlebih, zat itu enggak baik untuk tubuhmu.
*      Kurangi macam camilan yang kamu konsumsi. Jangan makan lebih dari dua macam snack dalam sehari.
*      Pilihlah camilan yang berbahan dasar buah dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagus. Caranya, baca kandungan nilai gizi yang bisa kamu temui dalam setiap kemasannya. Nah kini kamu bisa mengkonsumsi snack dengan aman dan sehat! Selamat ngemil J

1 comment: